Fakta Tentang Keindahan Pulau Raja Ampat Yang Akan Membuat Anda Bengong

Fakta Tentang Keindahan Pulau Raja Ampat Yang Akan Membuat Anda BengongBanyak yang masih salah kira bahwa Raja Ampat adalah satu obyek wisata, terdiri dari empat pulau bak batu timbul dengan beberapa atraksi: menyelam, snorkeling, dan berjalan dari pulau-ke-pulau.

Padahal tidak. Raja Ampat adalah nama kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat. Posisinya ada di ‘kepala burung’ Pulau Papua, terdiri dari hamparan 1.846 pulau berpenghuni maupun tidak, dengan luas wilayah 4,5 juta hektar.

Masyarakat membagi wilayah Kabupaten Raja Ampat jadi dua: utara dan selatan. Di bagian utara, ada satu pulau terbesar di kabupaten ini: Pulau Waigeo. Di pulau inilah ibu kota kabupaten, Kota Waisai, berada.

Baca Juga : Paket Wisata Raja Ampat

Selain Waigeo, ada tiga pulau besar di Kabupaten Raja Ampat yakni Batanta, Salawati, dan Misool. Hanya Pulau Misool yang berada di wiayah selatan.
Pulau Raja Ampat Memiliki Fakta yang menarik untuk anda ketahui :

1. Asal Usul pulau Raja Ampat

Hasil gambar untuk raja ampat

Dalam cerita rakyat tersebut dituturkan bahwa pada zaman dahulu kala ada sepasang suami istri yang tidak sengaja menemukan 6 butir telur naga di tepi sungai Waikeo. Karena lapar, mereka berniat untuk memasak keenam telur tersebut.

Ketika hendak dimasak, lima dari enam telur tersebut menetas dan keluar 5 bayi manusia. Empat laki-laki dan satu perempuan. Mereka kemudian diberi nama War, Betani, Dohar, dan Muhammad. Sementara yang perempuan diberi nama Pintolee. Semuanya dipelihara oleh suami istri tersebut.

Pada suatu saat Pintolee kedapatan hamil di luar nikah. Dia kemudian dihukum dengan dihanyutkan di atas kulit bia (kerang besar) sampai akhirnya terdampar di Pulau Numfor.

Sedangkan keempat saudaranya yang lain kemudian menjadi raja di empat pulau besar di kawasan tersebut. War menguasai Pulau Waigeo, Betani di Salawati, Dohar di Lilinta, dan Mohamad di Waiga. Sedangkan, telur naga yang tidak menetas konon hingga saat ini masih disimpan dan mendapat penghormatan khusus dari masyarakat setempat.

2. Jelas Yang Kedua Adalah Masyarakatnya

Hasil gambar untuk masyarakat raja ampat

Masyarakat Raja Ampat Merupakan Perawakan warga lokal yang seolah menunjukan kesan sangar hanyalah mitos. Warga lokal Raja Ampat dikenal sangat ramah. Warga lokal Raja Ampat memang terbuka dan ramah pada para pengunjung yang ramah, tetapi jika pengunjung berperilaku buruk maka mereka bisa jauh lebih buruk.

Meskipun mayoritas agama disini adalah Kristen, namun tingkat toleransi masyarakatnya tinggi karena satu marga terdiri dari beberapa anggota keluarga menganut agama yang berbeda. hal unik ketika pengunjung memberi masyarakat pinang atau permen. Mereka akan merasa sangat senang dan oleh-oleh tersebut dianggap sebagai lambang perdamaian antara pengunjung dengan warga lokal.

Di Raja Ampat, jangan heran melihat nelayan yang menangkap gurita dengan tangan kosong, itu salah satu kemampuan khas nelayan Raja Ampat. Berdasar adat, warga lokal Raja Ampat dilarang mengambil kekayaan bahari daerahnya secara sembarangan, harus hati-hati dan tak boleh serakah. Jika ada yang melanggar ketua adat akan memberinya hukuman sosial, mulai dari membangun jalan, hingga kutukan.

3 .Yang Ketiga Jelas Tempat Favorit Di Raja Ampat

Hasil gambar untuk Yang Ketiga Jelas Tempat Favorit Di Raja Ampat

Banyak tempat yang menjadi daya tarik sendiri di Raja Ampat misalnya Wayag merupakan ikon dari Raja Ampat. Banyak sudut dari kepulauan ini yang menjadi representasi keindahan Raja Ampat. Di Wayag, pengunjung bisa melakukan trekking untuk naik ke puncak dan menyaksikan keindahan Raja Ampat dari atas. Kemudian Kofiau merupakan salah satu destinasi yang ada di Raja Ampat. Meskipun masih terdengar asing dan berukuran kecil, namun Pulau Kofiau menyimpan keindahan yang tak biasa. Kofiau dinilai memiliki keragaman bawah laut paling kaya di Raja Ampat. Tak heran, wilayah ini menjadi favorit para penyelam untuk diving maupun snorkeling. Lalu Teluk Kabui juga memiliki pemandangan yang menarik.

Tebing batu yang menjulang tinggi di tengah perairan ini memiliki corak yang beraneka ragam dan unik. Ratusan pulau kecil menyembul dari dasar laut dan membuatnya seperti Pulau Wayag.

Bahkan, banyak orang menyebut Kabui sebagai miniatur dari Pulau Wayag. Serta Waigeo merupakan pulau terbesar dari empat pulau utama di Raja Ampat. Di sepanjang garis pantai Waigeo, Anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih berpadu dengan air laut berwarna jernih. Bahkan, Anda tak perlu snorkeling atau diving untuk melihat keindahan bawah lautnya. Selain melakukan kegiatan wisata bahari, di sini wisatawan dapat menyaksikan hiburan kesenian suling tambur dari penduduk lokal.

4.Yang Ke Empat Adalah Perairan terumbu Karang nya
Hasil gambar untuk Yang Ke Empat Adalah Perairan terumbu Karang nya..
Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Bagi yang tidak bisa menyelam pun, terumbu karang juga masih bisa dinikmati, yaitu di kampung Saondarek. Ketika pasang surut terendah, di sana bisa disaksikan hamparan terumbu karang yang tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga :

https://codepen.io/paketwisatarajaampat
https://sketchfab.com/paketwisatarajaampat
https://medium.com/@wisatarajaampat
https://www.behance.net/wisatarajaampat
https://slides.com/wisatarajaampat

Updated: August 7, 2018 — 12:10 pm
Jeannet Blog © 2018 Frontier Theme